Selasa, 29 November 2011

Fungsi Stavol dan Softstart

Fungsi Stavolt dan Softstart


voltageSoftstart : fungsinya adalah untuk menghemat listrik pada saat beban dimasukkan, biasanya dipakai untuk motor listrik 3 phase yang besar 50Hp keatas, biasanya dipakai untuk industri, prinsip kerjanya adalah untuk mengurangi arus yang dikirim ke motor pada saat start awal, sehingga kabel dan jaringan tidak over load. lebih modern mengunkan inverter.
Stavolt : atau lebih sering disebut stabilizer, sesuai dengan namanya, tentunya utntuk menstabilkan tegangan listrik jaringan apakah 1 phasa 220 Vac, atau 3 phasa 380 Vac, ada dua jenis yaitu statis dan dinamis.
kalau statis dipakai step trafo yang memiliki hanya beberapa tap out put trafo, dan dihubungkan ke beberapa relay misalnya 5 tap,relay tersebut diatur oleh kontroler yang akan merasakan tegangan sumber, bila memakai sistem ini maka tegangan keluaran masih ada sedikit selisih dengan target 220 Vac. biasanya hanya terdengar suara klik .. klik saat relay aktif. kalau dinamis memakai servo motor, kontroler mengatur posisi servo motor pada posisi yang tepat pada tegangan 220 Vac, sehingga disini tidak memakai trafo tap lagi melainkan memakai auto trafo yang tapnya dapat digeser oleh servo motor tadi. disini tegangan output akan selalu stabil pada posisi 220 Vac, dan biasanya akan terdengar suara seerrr bila motor servonya bergeser.

1 komentar:

  1. tanya mas : kalo mo gabungkan dua fungsi stavolt dan soft start, maksudnya agar tegangan stabil dan hemat listrik, apakah betul apabila saya pasang stavolt trus arus yg keluar sy masukkan soft start?..dg kata lain softstart cop2 annya sy cop kan di stavolt. (alat elektronik yg mo dipasangi adalah tv dan kulkas)

    BalasHapus